Senin, 19 November 2012

Tips mengamankan akun facebook kita dari tangan jahil cracker

Setiap orang tentunya punya karakter berbeda-beda, ada yang baik dan tentu pula ada yang jahat. Apalagi di dunia yang tanpa batas (internet)ini semua orang orang bebas berekspresi,berkarya,membuat hal baru bahkan berbuat jahil atau sampai berbuat jahat pada kita.
Baru2 ini banyak di beritakan mengenai kejahatan di internet, ya salah satunya di facebook. Tentunya banyak Orang yang menyalahgunakan situs jejaring sosial yg satu ini, modusnya beragam, ada yg dengan cara berbisnis online yang ujung2 penipuan,pembunuhan karakter dan lain sebagainya.
Nah langsung saja ke bahasan sesuai judul di atas,.
tentunya kita tidak ingin akun fb kita di bobol orang kan??? Berikut ada tips sederhana yg setidaknya dapat mempersulit para cracker ng'hack akun fb kita.

1. Jangan mempublish email di info profil kita. Hal ini di lakukan setidaknya mereka sulit untuk membobol akun email kita, kenapa? Karena setelah saya melakukan tes berulang2 kali email bisa dengan mudah kita hack, caranya cukup sederhana cuma masuk sini aja selanjutnya ikuti aja langkah2 yg di berikan.

2. Di profile info jangan mempublish hal2 yg berkaitan dengan pengamanan di email. Contoh:waktu pertama email di buat di form registrasi tentunya ada pertanyaan rahasia, misalnya:"siapa nama panggilan adik kandung anda?" nah oleh para cracker tentunya akan di jadikan celah buat mereka menebak langkah2 yg di berikan pengamanan akun email anda.
Jadi jangan terlalu mempublish keterangan keluarga,minat dsb yg tadinya berhubungan dengan pengamanan email.

3. Di fb jangan terlalu tergiur terhadap banyak fanpage yg menawarkan aplikasi sejenis pelajari selengkapnya yg secara muluk2 menjanjikan sesuatu padahal itu hanya omong kosong belaka.
Siapa tau dengan mengiming-imingi kita dengan aplikasi tersebut secara tidak sadar kita di jebak akun fb kita untuk menyetujui aplikasi itu membaca data informasi kita, maka dari itu berhati2 lah kalo kita tidak mau jadi korban tangan jahil yg tidak bertanggung jawab,tentunya kita tidak ingin kan privasi kita di ketahui orang lain. Apalagi di salahgunakan yang ujung2 nya berimbas pada pemunuhan karakter oleh orang yg tak bertanggung jawab tersebut.
Demikian tips sederhana dari saya, semoga bisa bermanfa'at. Jika ada yang mau di tanyakan silakan jangan ragu2 berkomantar..
Terima kasih!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar